advertisements

Konsep bar atau restoran yang terletak di atas gedung pencakar langit memang sedang booming. Hal ini dapat dilihat dari semakin banyaknya bar dan restoran rooftop yang ada di Jakarta dan kota-kota besar lainnya di Indonesia.

Tempat tersebut menawarkan konsep yang berbeda-beda, mulai dari fine dinning romantis atau tempat hang-out yang santai. Apapun konsepnya, bar dan restoran rooftop sama-sama menawarkan pemandangan kota yang sangat indah.

advertisements

Untuk menikmati view Kota Jakarta yang indah, terutama di malam hari, dari atas gedung pencakar langit, Anda harus merogoh kocek sedikit lebih banyak. Pasalnya, menu makanan dan minuman bar atau restoran rooftop ini cukup mahal.

Nah, sebagai referensi untuk Anda yang ingin menikmati makan malam di atas gedung-gedung tinggi Jakarta, berikut adalah review beberapa bar, cafe, dan restoran rooftop terbaik di kota Jakarta versi Bacaterus.

SKYE

tempat nongkrong di jakarta Skye

Beberapa tahun belakangan ini nama Ismaya Live cukup santer terdengar. Hal tersebut karena promotor itu berhasil menggelar festival musik elektronik terbesar di Indonesia, Djakarta Warehouse Project.

Lantas, apa hubungan Ismaya Live dengan SKYE? Baik SKYE maupun Ismaya Live berada di bawah naungan Ismaya Group. Melalui SKYE, Ismaya menciptakan sebuah bar dan restoran rooftop yang terletak di segitiga emas Jakarta.

Restoran yang menyajikan menu western ini memiliki konsep indoor dan outdoor di tepi kolam renang. Dari SKYE, Anda bisa menatap langsung ke arah bundaran HI yang sangat padat. SKYE berada di Menara BCA Lt. 56, Jl. M.H. Thamrin 1, Jakarta Pusat.

BART (Bar At the Rooftop)

bar dan restoran rooftop bart

Kapan lagi bisa melukis sembari menikmati pemandangan dari atas gedung tinggi di Jakarta? BART adalah bar yang berkonsep artistik. Yang menarik dan berbeda dari bar ini adalah kursus melukis yang ditawarkan oleh bar bergaya hipster ini. Penasaran dengan bar yang satu ini? Silakan kunjungi BART yang berada di ARTOTEL Jakarta Lt. 7, Jl. Sunda nomor 3, Thamrin, Jakarta.

La Vue – The Hermitage

La Vue – The Hermitage

Untuk Anda yang suka bersantai sambil menikmati suasana di sore hari sembari menunggu kemacetan mulai sedikit mereda, Anda bisa mampir ke La Vue – The Hermitage yang bertempat di kawasan Menteng.

La Vue adalah sebuah bar terbuka yang berada di lantai 9 The Hermitage. Meskipun tempat ini tidak terlalu besar, La Vue adalah tempat yang tepat untuk chilling sambil menikmati segela cocktail atau wine. Ingin bersantai sekaligus makan malam di sini? Tentu saja bisa, karena tempat ini juga menyajikan berbagai hidangan western yang menggugah selera. La Vue bisa dikunjungi di The Hermitage Lt. 9, Jalan Cilacap No. 1, Menteng, Jakarta Pusat.

Awan Lounge

advertisements

Masih membahas mengenai lounge yang berada di rooftop hotel, kali ini ada Awan Lounge yang hadir dengan lokasi yang minimalis dibandingkan bar dan restoran rooftop lainnya yang ada di Jakarta. Hal ini tentu membuat suasana di Awan Lounge tidak terlalu ramai, kecuali alunan musik yang memang sengaja diputar untuk menghidupkan suasana.

Minuman yang menjadi favorit di tempat ini adalah beberapa jenis cocktail, seperti Star Trex dan Sky Cooler. Suasana yang colorful dan sofa yang empuk membuat setiap pengunjung Awan Lounge betah untuk berlama-lama di sini. Awan Lounge berlokasi di Hotel Kosenda Lt. 9, Jalan KH Wahid Hasyim No. 127, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

SHY Rooftop

Menentukan tempat nongkrong bersama teman-teman memang bisa dibilang gampang-gampang susah. Walaupun di Jakarta sudah banyak tersedia tempat nongkrong keren, tetapi saat sudah ditentukan selalu saja ada pro dan kontra antar teman-teman Anda.

Nah, mengapa tidak coba nongkrong di SHY Rooftop? Bar yang satu ini hanya berada di lantai 4, jadi tempat ini cocok untuk Anda yang tidak terlalu suka ketinggian atau tidak ingin nongkrong di bar rooftop dengan angin yang terlalu kencang. Di SHY Rooftop, Anda bisa mendengarkan musik yang diputar oleh DJ atau dinyanyikan oleh live band. Shy Rooftop bertempat di The Papilion, Jalan Kemang Raya No. 45 AA, Kemang, Jakarta.

Cloud Lounge & Living Room

Cloud Lounge & Living Room

Satu lagi restoran rooftop yang berkonsep unik, yakni Cloud Lounge & Living Room. Berada di bawah naungan grup yang sama, bar ini dan Altitude terletak dalam satu gedung dengan lantai yang berbeda.

Untuk mencapai Cloud Lounge, Anda harus melewati lift yang terdapat di Altitude. Di Cloud Lounge, Anda bisa melihat view 360 derajat kota Jakarta yang mengagumkan. Harga makanan dan minuman disini pun tidak terlalu pricey.

Pada malam hari, suasana akan menjadi sedikit warm dan cozy karena diterangi oleh lampu-lampu temaram dengan berbagai desain yang unik. Cloud Lounge & Living Romm berada di Plaza Office Tower Lt. 46 & 49, Jl. M.H. Thamrin Kav. 28-30, Jakarta Pusat.

Soupanova Ecosky

Soupanova Ecosky

Sesuai dengan namanya, Soupanova Ecosky menawarkan konsep dinning yang menyatu dengan alam. Restoran ini mengusung konsep taman di atas gedung bertingkat. Anda bisa menemukan begitu banyak tanaman hijau rindang yang membuat suasana Soupanova Ecosky terasa sejuk.

Tak hanya bisa menikmati atmosfer restoran yang unik, harga makanan dan minuman disini juga cukup bersahabat dengan dompet anak muda Jakarta. Restoran yang buka dari pukul 12 siang ini terletak di GKM Tower Lt. 23, Jl. TB Simatupang, Pasar Minggu, Jakarta.

Lucy In The Sky

Lucy In The Sky

Selanjutnya, ada sebuah tempat hang-out yang menawarkan nuansa cafe asri yang dipenuhi dengan tanaman-tanaman hijau nan cantik. Cafe ini sangat casual dan cocok untuk dijadikan tempat berkumpul bersama teman-teman.

Ornamen unik di sekitar Lucy In The Sky membuat kita tidak menyadari bahwa sedang berada di atas gedung bertingkat melainkan terasa seperti di sebuah cafe yang ada di tengah taman kota. Greenhouse cafe yang satu ini beralamatkan di Kawasan Central Business District Jl. Jendral Sudirman Lot 14 Kav 52-53, Jakarta Selatan.

8 Lounge

8 Lounge

Sebuah hotel berbintang di Jakarta dengan sebuah lounge yang berkonsep indoor dan outdoor. 8 Lounge merupakan bar yang berada di lantai 8 Hotel Ritz Carlton Jakarta. Bagian depan bar terdapat kaca-kaca yang terhubung ke taman dan view gedung-gedung pencakar langit di sekitar hotel.

Di bagian outdoor, terdapat kolam renang yang membuat suasana terasa adem. 8 Lounge berada di Hotel Ritz-Carlton Lt. 8, Pacific Place, Kawasan Central Business District Jl. Jendral Sudirman nomor 52-53, Jakarta Selatan.

The Edge

The Edge

The Edge berada di salah satu kawasan tempat berkumpulnya anak-anak muda Jakarta, yakni Kemang. Desain dari tempat hang-out satu ini cukup unik, yaitu berupa bangunan 2 lantai yang berada di atas sebuah gedung. Di outdoor area terdapat kolam renang yang terlihat elegan dengan beberapa meja dan kursi nyaman di sampingnya.

The Edge merupakan tempat hang-out yang tidak terlalu banyak menyajikan menu makanan. Hal ini terlihat dari menu makanannya yang tidak terlalu berat. Jika ingin chillin-out bersama teman-teman, The Edge merupakan tempat yang sangat tepat. The Edge terletak di Kemang Icon by Alila Lt. 5, Jl. Kemang Raya, Jakarta Selatan.

Daftar bar dan restoran rooftop menarik versi Bacaterus ini bisa Anda jadikan referensi untuk nongkrong dan makan bersama teman atau kekasih. Selain restoran dengan konsep rooftop, Anda juga dapat mengunjungi tempat nongkrong terbaik di Jakarta lainnya yang pernah kami ulas di artikel ini.

Namun ingat, jika Anda ingin mengunjungi bar dan restoran rooftop pada hari sabtu malam atau even-even tertentu, seperti Valentine’s Day dan Tahun Baru, sebaiknya Anda melakukan reservasi terlebih dahulu. Karena jika tidak, mungkin Anda tidak akan mendapatkan seat di sana.

Artikel Menarik Lainnya:
Referensi dan sumber gambar: