advertisements

Bandung merupakan kota yang dikelilingi oleh pegunungan, sehingga di sini ada banyak obyek wisata air terjun atau yang biasa disebut curug dalam bahasa Sunda. Jika kamu gemar berjalan-jalan dan menikmati alam, kamu wajib banget mengunjungi wisata air terjun di Bandung dan sekitarnya.

Main ke tempat wisata air terjun sangat seru, loh! Selain dapat menikmati keindahan alam, kamu juga bisa merasakan serunya main air, dan juga merasakan angin yang sangat sejuk karena mengandung tetesan air terjun yang terhempas. Mau tahu tempat wisata air terjun di Bandung ada di mana saja? Yuk, simak rangkuman Bacaterus tentang 10 air terjun di Bandung dan sekitarnya yang wajib kamu kunjungi:

Curug Maribaya

advertisements

Daerah Maribaya, Lembang, memang sudah terkenal sebagai salah satu tempat wisata Bandung di wilayah utara yang wajib dikunjungi. Sudah banyak orang yang datang ke tempat ini sejak dulu, sehingga dapat dikatakan kalau Curug Maribaya adalah salah satu air terjun di Bandung yang legendaris. Curug Maribaya sempat ditutup karena dilakukannya renovasi besar-besaran, namun telah mulai beroperasi lagi sejak Juli 2015.

Setelah direnovasi, Curug Maribaya menggunakan konsep baru, yaitu Maribaya Natural Hot Spring Resort. Fasilitas di sini menjadi sangat lengkap, mulai dari kafe, pemandian air panas, hingga resort. Untuk memasuki objek wisata ini, pengunjung dikenakan biaya tiket sebesar Rp 35 ribu/orang. Alamat Maribaya Natural Hot Spring Resort ada di Jalan Maribaya No. 105/212, Lembang. Nomor teleponnya adalah (022) 2000190.

Curug Penganten

curug penganten

Curug Panganten memiliki dua aliran air terjun yang bersebelahan. Air terjun utama ukurannya lebih lebar dan lebih deras, sedangkan yang satu lagi ukurannya lebih kecil. Ada beberapa versi mitos Curug Penganten, salah satunya adalah dahulu kala ada sepasang kekasih yang baru menikah mengunjungi curug ini, namun mereka terjatuh dan hanyut, terbawa arus sungai. Maka dari itu curug ini disebut sebagai Curug Penganten.

Suasana di Curug Penganten sangat asri karena banyaknya pepohonan yang rindang di sekitar air terjun. Untuk bisa menikmati keindahan air terjun di Bandung ini kamu hanya akan dikenai biaya sekitar Rp 10 ribu/orang (belum termasuk tiket parkir). Curug Panganten ini berada di Jalan Raya Cihanjuang KM 5,6.

Curug Cimahi

curug cimahi

Curug Cimahi dikenal juga sebagai Air Terjun Pelangi (Rainbow Fall) karena pada malam hari akan dinyalakan lampu hias dibelakang air terjun, sehingga air terjun memiliki beberapa warna yang menyerupai pelangi. Sangat indah dan unik.

Air terjun cantik ini berada tidak jauh dari Kota Bandung, letaknya persis di Jalan Raya Kolonel Masturi No. 325, Cisarua (dekat Universitas Advent). Harga tiket masuk untuk menikmati Curug Cimahi cukup terjangkau, yaitu hanya Rp 15 ribu/orang.

Curug Dago

curug dago

Curug Dago adalah salah satu obyek wisata air terjun yang masih bersi, karena masih sedikit orang yang mengetahuinya. Air terjun atau curug yang satu ini berada di ketinggian 800 meter di atas permukaan laut dan terbentuk dari aliran Sungai Cikapundung yang mengalir dari Maribaya ke kota Bandung.

Curug Dago cocok untuk digunakan sebagai tempat hiking, pemotretan, maupun hanya sekedar bersantai menghabiskan waktu bersama keluarga, teman, atau orang terkasih. Curug Dago berlokasi di Desa Dago, Coblong (kawasan Taman Hutan Raya Djuanda). Jaraknya kurang lebih 8 KM dari pusat kota menuju utara (daerah atas).

Curug Cilengkrang

advertisements

Jika kamu berkunjung ke Curug Cilengkrang, kamu tidak hanya akan mendapatkan satu curug saja, melainkan lima curug sekaligus yang jaraknya saling berdekatan. Curug Cilengkrang merupakan salah satu wisata air terjun di Bandung yang recommended karena fasilitasnya cukup memadai, karena Curug Cilengkrang dikelola oleh Perum Perhutani.

Curug Cilengkrang terletak di kaki Gunung Manglayang, Desa Cilengkrang, Kabupaten Bandung. Jaraknya hanya sekitar 10 KM dari Kota Bandung, kamu hanya tinggal berkendara ke daerah Ujung Berung saja. Selain air terjunnya yang indah, Curug Cilengkrang juga menyediakan pemandangan cantik, pepohonan rindang, udara sejuk, suara burung-burung liar. Kamu dijamin betah deh berlama-lama main di Curug Cilengkrang,

Curug Siliwangi

Air terjun di Bandung ini berlokasi di kawasan Bumi Perkemahan Gunung Puntang. Jarak Curug Siliwangi dari area perkemahan hanya sekitar 3,5 KM saja. Jika kamu berjalan kaki ke sana, mungkin akan sampai dalam waktu dua jam. Hanya saja jika kamu ingin ke Curug Siliwangi, pastikan dulu bahwa tubuh kamu sedang dalam kondisi prima. Karena medan untuk mencapai ke sana cukup sulit.

Jalan menuju Curug Siliwangi cukup terjal dan hanya berupa jalan setapak. Sehingga tempat wisata ini memang cocok untuk kamu para penggemar hiking dan penikmat alam. Rasa letih selama perjalan akan terbayar setelah mencapai Curug Siliwangi, karena air terjunnya betul-betul indah.

Curug Malela

air terjun di bandung

Curug Malela memiliki ketinggian sekitar 60 meter dengan lebar 70 meter. Curug ini memiliki 5 buah jalur air terjun, sehingga menciptakan pemandangan yang akan memesona siapa saja yang melihatnya. Karena jalur airnya yang lebar dan terbagi-bagi, dari kejauhan curug ini akan terlihat seperti benang sutra halus yang bersinar.

Saking indahnya Curug Malela, orang-orang menyebutnya sebagai Niagara Mini. Curug Malela ini berlokasi di Desa Cicadas, Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat. Jaraknya sekitar 3 jam perjalanan jika kamu berkendara dari pusat Kota Bandung.

Curug Panganten Pangalengan

Curug Panganten Pangalengan

Ada lagi curug yang bernama Penganten, tapi yang ini berada di daerah Pangalengan. Curug ini diberi nama Penganten karena bentuknya yang terpisah menjadi dua aliran air terjun yang bersebelahan. Bentuknya yang menyerupai sepasang pengantin ini lah yang menjadi asal mula nama Curug Penganten.

Kamu tidak perlu membayar tiket masuk untuk menikmati Curug Penganten Pangalengan, karena kawasan wisata ini belum dikelola secara resmi oleh pihak manapun. Maka dari itu sebaiknya kamu membawa perbekalan makanan berat, snack, juga minum sendiri karena di sana tidak tersedia kios jika kamu merasa lapar dan haus. Lokasi Curug Panganten Pangalengan ini berada di daerah Perkebunan Kertamanah, Desa Margamukti, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung.

Curug Tilu

Curug Tilu

Air terjun yang satu ini berada di kawasan Perkebunan Teh Rancabali, Ciwidey, Kab. Bandung. Jangan samakan Curug Tilu yang ada di Ciwidey ini dengan curug dengan nama serupa yang berada di daerah Lembang, ya. Kalau yang di Lembang namanya adalah Curug Tilu Leuwi Opat, yang nanti akan dibahas di bawah. Curug Tilu berada di daerah Rancabali (jalur perbatasan menuju Cianjur Selatan). Lebit tepatnya, curug ini berada di Kampung Cisabuk, Desa Cipelah, Kecamatan Rancabali.

Curug Tilu Leuwi Opat

Nah, ini dia curug yang sering tertukar dengan Curug Tilu Ciwidey. Berbeda dengan curug lainnya, di Curug Tilu Leuwi Opat terdapat 4 air terjun, 4 sungai, 2 gua, dan kawasan hijau seluas 5 hektar. Curug indah ini berada di Kampung Ciwangun, Desa Cihanjuang Rahayu, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat.

Itulah 10 tempat wisata air terjun di Bandung dan sekitarnya yang sangat memesona sehingga wajib kamu kunjungi. berminat datang ke sana? Selamat berwisata..

Artikel Menarik Lainnya:
Referensi dan sumber gambar: